Jumat, 14 September 2012

Kenali Tanda-Tanda Penyakit Kanker Payudara


Kanker payudara merupakan penyakit kanker nomor lima yang dapat menyebabkan kematian setelah kanker paru-paru, kanker serviks (mulut rahim), kanker hati dan kanker usus. Kanker ini tidak hanya terjadi pada wanita tetapi juga pria.


Nah berikut tanda-tanda/gejala-gejala adanya penyakit kanker payudara

Benjolan pada area payudara

Benjolan ini dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit, tetapi sebagian besar adalah tumor jinak

Rasa nyeri

Nyeri juga dapat muncul akibat adanya benjolan, infeksi atau kanker dipayudara.
  
Erosi pada puting (Eksema)

Keadaan dimana kulit puting atau puting tertarik kedalam (Retraksi), berwarna pink atau kecoklatan. Sampai menjadi oedema yang menyebabkan seperti kulit jeruk, mengkerut dan menjadi borok.

Pendarahan pada puting

Sakit atau nyeri bila tumor sudah besar dan timbul borok kemudian timbul luka pada ketiak yaitu kelenjar getah bening dan terjadi pembengkakan pada lengan. 

Keluar cairan ( Nipple Discharge)

Keluarnya cairan pada saat tidak menyusui yang biasanya disebabkan tumor jinak pada kelenjar payudara. Cairan yang berwarna kehijauan biasanya disebabkan oleh benjolan jinak sedangkan cairan yang bernanah dan berbau amis disebabkan oleh infeksi payudara.

Nah itulah tadi tanda-tanda yang memungkinkan anda terkena kanker payudara. Jika anda merasa mendapat kejanggalan pada payudara anda ada baiknya anda segera periksa kedokter sebelum terlambat. Semoga kita semua masih dalam perlindungan ALLAH SWT.
Sampai jumpa dipostingan selanjutnya

0 komentar:

Posting Komentar