Jumat, 14 September 2012

Efek Kurang Tidur Bagi Kesehatan


Kebanyakan orang sibuk dengan pekerjaannya sehingga mereka sering lupa memikirkan waktu untuk mengistirahatkan mata sejenak. Namun tubuh tidak dapat berbohong pasti akan terlihat juga efek kurang tidur tersebut. Nah berikut gejala-gejala kurang tidur:


1.tetap merasa lapar
Orang yang kurang tidur akan selalu merasa lapar padahal porsi makan sudah banyak.
Sebuah penelitian menyatakan bahwa kurang tidur dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Kondisi ini akan menghambat hormon nafsu makan (leptin) dan meningkatkan hormon rasa lapar (ghrelin). Sehingga tubuh akan lebih membutuhkan gula daripada karbohidrat.

2.menjadi lebih emosional dan mudah menangis
Kurang tidur dapat meningkatkan aktifitas mygdala hingga 60%. Mygdala (bagian otak yang bertugas sebagai penanggung jawab dari rasa gelisah selain itu akan meningkatkan rasa sedih, mudah tersinggung dan cepat marah)

3.menjadi ceroboh
Kurang tidur membuat respon motorik menjadi lebih lambat dan tidak akurat, reflek berkurang dan sulit untuk berkonsentrasi, hal ini pula yang sering kali menjadi penyebab kecelakaan.

4.segala sesuatu menjadi tampak rumit
Kurang tidur membuat hal-hal sepele jadi tampak rumit, sehingga sulit untuk mengingat hal-hal detail serta sulit untuk menyesuaikan diri dengan jadwal yang mendadak.

5.masalah kesehatan serius
Kurang tidur yang berlebih dapat menyebabkan serangan jantung, gagal jantung, detak jantung tidak teratur, tekanan darah tingi, stroke, dan diabetes

0 komentar:

Posting Komentar